Cogan Kulineran adalah program kegabutan mencari kuliner enak!

Es Kuwut di Pasar Kakilangit

Es Kuwut


Setelah menikmati 9 es segar dengan sensasi yang khas setiap menunya. Saya menuju Pasar Kakilangit yang hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Lokasinya di Sendang Mangunan, Bantul. Seluruh lapak di pasar menjual kuliner tradisional dan uniknya transaksi menggunakan keping kayu yang dapat ditukar di gubung lurah pasar. Saya memasuki gubug milik Ibu Rini, berjualan sejak 10 Desember 2017 di Pasar Kakilangit. 

“Dulu saya bantuin suami membuat kerajinan untuk dijual mas, tapi sejak ada Pasar Kakilangit saya coba jualan makanan dan minuman.” terang Bu Rini menceritakan awal berjualan di pasar.

“Mau coba Es Kuwut mas, ini segar loh mas.” Bu Rini menawarkan Es Kuwut dan saya pun mengiyakan. Wadah yang digunakan juga unik menggunakan tempurung kelapa.

Sembari mendengarkan musik Gejog Lesung di panggung kesenian Pasar Kakilangit. Es Kuwut Bu Rini menggunakan bahan buah melon, selasih, dan jeruk. Kesegaran tercipta dari jeruk dan rasa melon yang manis. Bu Rini bercerita bahwa idenya membuat es kuwut adalah melihat di internet. Setelah melihat resepnya Bu Rini mencoba-coba hingga takaran yang pas, sampai akhirnya es kuwut menjadi primadona di Pasar Kakilangit. Es Kuwut bisa dibeli dengan 5 keping kayu atau seharga Rp5.000.

Tidak lekang oleh waktu setiap minuman segar yang bertahan memiliki ciri khas masing-masing. Menyuguhkan dengan memberikan bahan terbaik, kesabaran melayani setiap pelanggan adalah prioritas.

Saya bangga dengan para pedagang yang terus tersenyum saat meracik bahan sehingga tercipta satu menu pilihan masyarakat. Nilai tambahnya menggunakan produk lokal. Saya memfavoritkan 10 minuman segar dengan cerita kesegaran yang saya peroleh dari setiap kata-kata yang terucap langsung dari para pedagang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox
. .. ...

@cogankulineran